Terpikat Hati Calathea

Calathea. Hhmm, mungkin masih banyak orang yang belum terlalu familiar dengan nama tanaman hias ini. Maklum sekilas namanya seperti dari bahasa latin, tetapi kalau anda sudah melihat tampilannya, pasti anda akan berfikir, oh, jadi tanaman cantik ini bernama calathea yang sering kita jumpai di penjual tanaman hias.

Corak daun yang dimiliki oleh calathea ini memang terlihat dekoratif dengan dominasi warna hijau, putih, merah hati sehingga cocok di tempatkan di dalam rumah untuk mempercantik dekorasi rumah.

Tanaman yang berasal dari wilayah Amerika Tropis ini termasuk genus tanaman milik keluarga Marantaceae dan bisa tumbuh dengan ketinggian maksimal 30 sampai dengan 50 cm. Untuk menanam dan merawat tanaman calathea ternyata tidak terlalu sulit.

Indah dan Segar jika Tanam Bunga Ini!!

Untuk menanamnya, Anda harus mengambil anakannya dari induk calathea yang sehat. Media yang digunakan pun sebaiknya menggunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, sekam bakar, serta cocopeat atau serbuk kelapa yang berasal dari kulit kelapa yang sudah tua. Baru setelah itu anakan calathea ditanam ke dalam pot.

Untuk pemeliharaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan penyiraman setiap hari dengan sedikit air. Pemupukannya pun bisa dilakukan 6 bulan sekali, sekaligus untuk mengganti media tanam dengan yang baru.

Agar bunga calathea lebih hijau dan bagus, ada baiknya di berikan NPK atau pupuk buatan yang mengandung berbagai unsur hara, nitrogen dan fosfor biasanya NPK berbentuk cair atau padat.

Oiya, agar tidak mudah mati, Anda harus rutin memangkas batangnya apabila terlihat salah satu batangnya mati. Selain itu, apabila terlihat berdebu, daunnya bisa Anda lap, lalu usahakan untuk penyimpanan tanaman ini di dalam ruangan yang dekat dengan jendela atau kaca. Secara rutin, setiap satu bulan sekali cobalah keluarkan tanaman indoor calathea Anda untuk dijemur di bawah sinar matahari pagi, dan ketika matahari sudah agak terik, masukkan kembali ke dalam ruangan.

@isharyadi17